Fiesta tiga pintu adalah versi asli, dan yang disimpan untuk generasi ketiga dari Segmen Supermini Contender. Sementara Eropa mengguncang rezim komunis, Ford merayakan dengan generasi baru Fiesta. Itu ditingkatkan secara drastis dari atas ke bawah dan dari kap ke tailgate. Tetapi Ford memiliki masalah yang berbeda sekarang: haruskah ia mengatasi mobil kepada pelanggan atau risiko regulernya dan menemukan yang baru untuk memperkenalkan beberapa versi yang lebih mahal. Pada akhirnya, ia memilih untuk tetap setia kepada kliennya dan memperluas lineup sedikit lagi dengan diperkenalkannya Fiesta lima pintu dan kendaraan ringan bernama Courier. Masih ada beberapa isyarat yang menyerupai pendahulunya, tetapi desain keseluruhannya jauh lebih berbeda dari itu. Lampu sudut, horizontal menampilkan sinyal belokan yang dipasang di sudut, meskipun Fiesta menampilkan sinyal belokan tambahan di fender depan. Dengan pegangan hitamnya di pintu, mobil menawarkan akses yang lebih baik di dalam daripada sebagian besar kendaraan yang dibangun di negara-negara Eropa Timur. Di dalam, tren desain baru melanggar garis sudut masa lalu dan membawa garis-garis yang baru, lebih halus dari tahun 90-an. Itu adalah fajar era biodesign. Speedometer yang dipasang di tengah dan pencari tachometer yang terinspirasi balap adalah tanda evolusi yang baik untuk mobil Ford segmen kecil. Fiesta ditawarkan dengan sunroof, pemutar radio-kaset, AC, dan power-windows pada daftar opsi. Untuk versi paling kuat, XR2i, Fiesta menawarkan kursi olahraga-bucket yang cocok dengan penanganan mobil. Ford berjanji untuk menawarkan mesin hemat bahan bakar dan memasang pilihan unit bensin dan diesel. Semuanya dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan.