Ford memperkenalkan generasi keempat Fiesta pada tahun 1995 dan menyegarkannya pada tahun 1999. Meskipun itu bukan mobil yang sama sekali baru, itu menampilkan wajah yang sama sekali berbeda. Ford mencoba dan diperoleh dengan bahasa desain baru yang digunakan untuk generasi pertama fokus dan puma sporty. Idenya adalah menggabungkan garis-garis panjang dan melengkung dalam sudut tajam. Kendaraan berukuran kompak adalah keberhasilan sehingga manajemen biru-oval memutuskan untuk menerapkan tema yang sama pada Fiesta yang lebih kecil. Dari lampu depan berbentuk oval ke yang segitiga, itu adalah proses desain yang rumit yang memberlakukan fender baru, tudung, dan grille. Panel belakang, panel seperempat, dan bak truk didesain ulang untuk mengakomodasi serangkaian lampu belakang baru yang dirancang dalam tren yang sama di belakang. Versi tiga pintu tampak lebih sporty, tetapi Ford tidak cocok dengan mesin yang memadai untuk tampilannya. Interiornya masih bagian dari era biodesign, dengan bentuk bulat dan dasbor melengkung. Tetapi Ford berubah di sini dan ada beberapa tombol dan sistem audio. Untuk tingkat trim Ghia, para desainer memasang trim kayu, yang mungkin terlihat lebih baik pada mobil yang lebih besar daripada dalam kendaraan segmen kecil. Ruang interior baik untuk keluarga empat dengan ruang kaki yang memadai di belakang. Untuk Fiesta 1999, Ford menjatuhkan mesin 1.1 liter dan membuat unit 1.3 liter versi dasar. Mesin Zetec 1,25 liter baru dipasang dan ditawarkan 75 hp. Untuk pasar terpilih, Fiesta menampilkan mesin 1,6 liter. Karena sudah ada permintaan yang lebih tinggi untuk versi diesel, Ford memasang unit 1,8 liter yang ditingkatkan.