Lahir sebagai pengganti Taurus, lima ratus ini mengingat papan nama Fairlane 500 dari tahun 1957. Lima ratus didasarkan pada platform D3, yang pada gilirannya, evolusi atas arsitektur P2 Volvo. Meskipun banyak kualitasnya, termasuk versi AWD, lima ratus tidak terlalu banyak mendapat perhatian dari publik, dan penjualannya di bawah ekspektasi. Itu adalah era desain tepi baru untuk Ford, dan ia mencoba menerapkan bahasa yang sama untuk semua barisnya. Sementara di Eropa, fokus dan Mondeo sudah menunjukkan bahwa gaya dengan garis-garis panjang yang panjang dikombinasikan dalam sudut tajam, di dalam M.S., tren itu tidak begitu jelas, tetapi berhasil diterapkan pada lima ratus. Grille-nya menyerupai bentuk yang sama dengan Ford Mondeo Eropa, dan lampu kabut serupa dengan yang dipasang pada fokus. Garis atap menggambarkan lengkungan yang menghubungkan tudung ke tutup bagasi. Desainer Ford memasang jendela ketiga antara C- dan D-Pillars. Di dalam, lima ratus menawarkan banyak ruang untuk lima penumpang. Mereka dilindungi oleh salah satu pembangunan unibody terbaik di pasar hingga saat ini, dengan area perlindungan tambahan di bagian depan, sisi, punggung, dan atap. Desain interior menampilkan trim kayu di dasbor, pintu, dan tumpukan tengah. Cluster instrumen bulatnya menyerupai yang dipasang di Mondeo. Di bawah kap, Ford menginstal satu opsi mesin: v6 3.0 liter. Itu dipasangkan dengan transmisi otomatis lima kecepatan. Kekuatan pergi ke depan atau semua sudut.