Ford Focus adalah mobil yang benar, cinta-itu atau benci-IT, karena tampilan kontroversial dan gaya baru yang dipromosikan oleh merek Amerika dengan kendaraan lain seperti Puma atau Cougar. Pada tahun 1999, Ford menyerbu acara Motor Geneva dengan diperkenalkannya fokus. Itu adalah salah satu model yang paling ditunggu-tunggu untuk segmen kompak Eropa dan pesaing penting untuk Golf Volkswagen. Gagasan desain baru membawa mobil menjadi perhatian dan menyelesaikannya dengan solusi tekniknya. Hatchback 3 pintu menawarkan tampilan dinamis karena jendela belakang yang panjang, samping, dan beltline naik. Di depan, lampu berbentuk segitiga, dengan garis-garis lengkung, muncul ke sudut tajam di depan, yang merupakan bagian dari filosofi desain-tepi yang baru. Sebuah atap melengkung berakhir menjadi bengkel melengkung dan miring adalah langkah maju daripada para pesaingnya. Lampu belakangnya dipasang tinggi pada d-pilar, dilindungi dari penyok kecil di tempat parkir. Di dalam, bahasa desain-tepi baru dilanjutkan di dasbor. Garis atas cluster instrumen muncul dalam sudut tajam dengan sisa panel. Kursi belakangnya menawarkan ruang kaki dan ruang kepala yang baik. Karena suspensi independen belakang, bagasi itu bukan yang terbesar di kelasnya, tetapi tata letak itu diperlukan untuk meningkatkan kenyamanan. Ford menginstal berbagai pilihan mesin diesel dan bensin, yang dipasangkan sebagai standar dengan gearbox manual 5-speed. Otomatis 4-kecepatan berada pada daftar opsi untuk mesin tertentu. Karena suspensi independen di semua sudut, fokusnya adalah tolok ukur di segmen mobilnya untuk kecepatan menikung.