Ford Focus 2008 Rs adalah mobil yang membuang teori yang mengatakan bahwa mobil FWD dengan lebih dari 200 hp adalah mimpi buruk torsi. Dan membuktikan bahwa beberapa teori hanyalah target. Ford fokus 3 pintu RS menerima modifikasi utama dibandingkan dengan versi mobil lain. Dari luar, bumper depan lebih besar dan menerima spoiler plus sendok udara besar. Dua ventilasi udara dipasang di kap dan, di belakang, sayap besar dengan winglet menggantikan spoiler atap belakang biasa. Dari samping, ventilasi udara di fender depan dan kusen samping memperingatkan bahwa itu bukan fokus biasa. Interior dibuat dengan hati-hati untuk mencocokkan tampilan luar. Kursi olahraga berkinerja tinggi Recaro dirancang khusus dan dipangkas dalam mikro motorsport otentik. Setiap kursi dicocokkan dengan eksterior. Sebagai pilihan, Ford menawarkan kursi hitam hitam, kulit parsial. Di dasbor, panggilan analog baru muncul, menunjukkan informasi spesifik tentang tekanan boost, suhu oli dan tekanan oli. Di bawah bodywork, ada sistem suspensi baru di bagian depan dengan sistem bernama Revoknuckle, sebuah sistem yang membatasi torsi-steer. Sistem lain yang terlibat dalam mengurangi torsi-steer adalah diferensial quaife selip terbatas. Dengan demikian, mesin 305 hp, 5 silinder dapat mengirim torsi 440 Nm (324,5 lb-ft) besar-besarannya ke roda depan tanpa menyebabkan masalah. Fokus Rs tampak seperti anjing yang marah, tetapi dengan gigitan yang cocok dengan kulitnya. Dan itu membuktikannya di Nurburgring Nordschleife dalam 8m26 detik. Dan itu sangat cepat untuk era itu.