Ford memperkenalkan rentang fusi Eropa pada tahun 2002 dan, hanya tiga tahun kemudian, ia datang dengan upgrade untuk kendaraan crossover-nya sementara sebagian besar pembuat mobil mulai memperkenalkan bentuk gerobak station pada kendaraan segmen mereka, Ford mengambil jalan lain dan membuat fusi, yang adalah fiesta wheelbase yang lebih panjang. Ini juga meningkatkan pembersihan tanah sehingga lebih cocok untuk jalan yang tidak beraspal atau parkir di atas kurva di kota-kota. Itu mengakibatkan mobil yang lebih baik daripada Fiesta sementara masih tetap sama dengan kendaraan yang hemat bahan bakar. Untuk penyegaran siklus tengah kehidupan, Ford mengadopsi lampu depan baru dengan sinyal belokan oranye di atas lampu depan-back-back, sedangkan versi non-facelifted menampilkan lensa kuning di atas umbi kuning. Bumper depan menerima desain baru dan satu sendok sisi vertikal yang mengapit gril yang lebih rendah. Seiring dengan versi yang diperbarui, Ford menjatuhkan strip karet dari bodywork. Di belakang, fusi 2005 menampilkan lampu belakang baru dengan lampu pembalik yang lebih tinggi. Ford membuat perubahan paling signifikan di dalam mobil, di mana ia memperkenalkan dasbor yang sama sekali baru. Ini menambahkan area penyimpanan kecil di atas kotak sarung tangan di sisi penumpang, ideal untuk ponsel. Untuk stack tengah yang didesain ulang, termasuk CD-Radio baru yang mendukung konektivitas Bluetooth. Di dalam cluster instrumen bundar, yang menyerupai yang ada di Mondeo MKII, Ford memasang panel instrumen baru. Pengukur bahan bakar dan pendingin-suhu dipindahkan ke atas, dan semua panggilan menerima cincin krom di sekitar mereka. Ford menawarkan fusi dengan rentang mesin yang sama, semua ditingkatkan ke aturan emisi Euro4. Mereka dipasangkan ke manual lima kecepatan, sedangkan versi otomatis tidak tersedia.