Ford memperkenalkan siklus tengah kehidupan untuk fusi pada tahun 2016 dan membawa lebih dari sekedar beberapa pelek baru, bumper, dan lampu depan. Sementara itu berbagi platform dan bentuk dengan Ford Mondeo Eropa, fusi menawarkan lebih dari saudara-saudara Eropa yang bisa diharapkan. Untuk model tahun 2017, pembuat mobil menghasilkan sedan sporty dalam paket lengkap yang dapat memuaskan para pencinta lingkungan atau petrolhead juga. Ada beberapa perubahan kecil pada versi reguler dari luar, yang termasuk lampu bumper dan kabut baru. Mobil ini menampilkan gril honeycomb di bagian depan dengan celemek yang lebih rendah berbentuk untuk versi olahraga. Di belakang, untuk versi olahraga, Ford menginstal empat pipa knalpot. Ford membuat langkah berani untuk rentang sedan keluarganya. Di dalam, pembuat mobil memperkenalkan sistem infotainment sync3 yang mencoba bersaing dengan sisa unit yang kompatibel dengan Android yang ditawarkan oleh pembuat mobil lain. Tetapi kebaruan paling signifikan adalah pemilih Rotary Gear yang ditempatkan di konsol tengah untuk seluruh kisaran. Untuk versi hybrid, fusi 2017 menawarkan ruang batang yang lebih sedikit daripada saudara-saudaranya, tetapi itu menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam efisiensi bahan bakar mobil, dan berkat sistem plug-in, menyediakan lebih dari 20 mil (32 km) dari murni listrik jarak. Kebaruan paling signifikan untuk drivetrain adalah mesin V-6 Twin-Turbocharged. Ini menyediakan 325 hp dan mengirim daya di semua sudut. Versi itu menempatkan sport fusion menjadi kategori sedan olahraga yang sama sekali baru, bersaing langsung dengan subarus dan kendaraan all-wheel-drive lainnya.