Generasi kelima dari Ford Mustang diluncurkan pada tahun 2004 untuk tahun 2005 tahun dalam versi tubuh coupe dan konversi. Hanya ada beberapa mobil Amerika yang ikonik dalam sejarah otomotif: Jeep, Ford Mustang, dan Chevrolet Corvette. Sementara jip adalah satu-satunya pesaing off-road di pasar M.S., dua lainnya mengklaim piala mereka pada seret-strip dan banyak balapan di sekitar trek resmi. Sementara Corvette berevolusi sebagai supercar, Mustang adalah mobil sport yang terjangkau dibangun sebagai sopir harian yang nyaman dan, dalam beberapa versi, pesaing sengit di trek penanganan. Sejak diperkenalkan pada tahun 1964, mobil kuda poni asli terkenal dengan desain taksi belakangnya. Seiring waktu, bintang ketenarannya mulai lenyap, tetapi model 2004 mungkin dianggap sebagai kelahiran kembali sejati dari coupe ikonik. Seperti pendahulunya, itu tidak tersedia sebagai versi tiga kotak lagi. Tim desain mengambil inspirasi dari versi asli dan mengadopsi lampu depan bulat. Seperti yang asli 'Stang, model 2005 menampilkan fasia depan flat, vertikal dengan gril hitam dan lampu depan yang terpisah. Sebagai opsi, lampu kabut dipasang di grille. Dari samping, garis atap mengikuti garis yang sama dengan versi fastback asli dari akhir 60-an. Di belakang, tiga lampu belakang vertikal mengikuti pola desain retro yang sama. Di dalam, ada lebih banyak desain modern daripada yang terinspirasi retro tetapi masih menyimpan cincin-cincin chrome di sekitar tachometer dan speedometer. Ford memasang kursi ember terbaru dengan headrest dan konsol tengah yang luas dengan pemegang cangkir. Di belakang, ada bangku untuk penumpang yang tidak terlalu tinggi. Untuk peluncuran awal, Mustang hanya menampilkan pilihan mesin V8 4.0-liter dan 4,6 liter.