Ford memperkenalkan generasi ketiga dari truk pickup ringan pada tahun 1997 sebagai model tahun 1998, tetapi dua tahun kemudian, ia menawarkan versi super CAB, dengan beberapa perbaikan lainnya. Sementara seri F adalah raja pickup-truk, kakaknya yang lebih kecil, Ranger berusaha membuat jalan di pasar. Tidak seperti saudara perempuannya, yang ditawarkan dengan mesin diesel, versi Amerika dipasang secara eksklusif dengan unit bensin dan, dalam versi Super Cab, dengan banyak ruang di belakang kursi. Ranger tidak harus malu dengan saudara-saudaranya yang lebih besar. Untuk menunjukkan itu, ia menampilkan fasia depan yang serupa, dengan grille hitam klasik. Berbeda dengan model non-facelift, 1998, 2000 Ranger menampilkan lampu depan yang berbeda, dengan sinyal belokan diinstal pada sisi luar lampu depan dan tidak di bawahnya. Modifikasi penting lainnya adalah bumper depan plastik, yang menggantikan metalik yang sebelumnya digunakan, chrome. Kedua kendaraan itu sangat mirip di belakang, dengan hanya beberapa sentuhan pada tailgates untuk model 2000. Di dalam, Ranger adalah campuran antara pickup dan mobil biasa. Stack tengah menampilkan kontrol iklim dan stereo. Ford memilih untuk memasang kolom-shifter untuk kendaraan yang dilengkapi dengan transmisi otomatis, sedangkan untuk mereka yang manual, Ranger memiliki tongkat roda yang dipasang di lantai. Di belakang kursi, ada ruang yang baik untuk alat atau beberapa barang bawaan. Berbeda dengan versi yang lebih besar, itu tidak menampilkan kursi belakang, tetapi setidaknya memiliki beberapa kompartemen penyimpanan kabin. Ford menawarkan Ranger dengan pilihan mesin V6 atau V8, belakang atau all-wheel-drive.