Meskipun era minivan menutup sampai akhir di pasar Eropa, Ford memperkenalkan MPV S-Max pada 2006 sebagai alternatif keluarga untuk stasiun Mondeo-Wagon. Tidak ada argumen bahwa minivan akan memberikan lebih banyak kenyamanan dalam perjalanan panjang daripada sedan atau gerobak stasiun. Tetapi karena sebagian besar jarak Eropa cukup kecil untuk dilintasi dalam beberapa jam, minivan segera menjadi usang. Ford, di sisi lain, tidak mau menjatuhkan bola. S-MAX menampilkan filosofi desain baru yang menggabungkan garis panjang dan melengkung dengan ujung tajam dan sempit. Grille trapesiumnya dari bumper depan dan lengkungan roda berkobar memberi mobil tampilan yang lebih agresif. Ford harus memperkenalkan serangkaian pilar sekunder untuk kaca depan untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi titik buta di area sisi depan. Ventilasi ekstraksi palsu di panel depan memperkuat tampilan sporty mobil. Di dalam, Ford menawarkan kamar untuk tujuh penghuni, dengan dua kursi di belakang dipasang untuk orang-orang kecil dan jarak pendek. Pembuat mobil mencoba membuat mobil menawarkan perasaan mobil sporty, dengan tumpukan pusat miring yang diperluas ke konsol tengah. Dengan demikian, itu membatalkan konsep minivan kendaraan lintas-melalui. Di bawah kap, S-Max menampilkan pilihan enam mesin, dan semua dipasangkan sebagai standar untuk transmisi manual tetapi, untuk versi yang dipilih, Ford menawarkan opsi untuk gearbox otomatis.