Setelah membenturkan kepala mereka ke dinding, departemen desain Ford datang pada indera dan menggantikan generasi ketiga Taurus dengan kendaraan yang berbeda. Itu tidak biasa bagi Ford untuk mendesain ulang mobil setelah hanya empat tahun di pasaran, tetapi generasi ketiga Taurus menampilkan desain yang tidak terinspirasi, untuk setidaknya mengatakan, dan itu langsung tercermin dalam penjualan mobil. Jika para desainer senang dengan lampu depan bug-mata, pemasaran, dan departemen penjualan tidak. Jadi, tim desain harus kembali dan datang dengan versi baru. Para insinyur kebanyakan disisihkan sejak generasi keempat Taurus menggunakan platform yang sedikit berbeda dari pendahulunya. Lampu depan yang baru disapu ke fender depan adalah perbedaan yang paling mencolok jika dibandingkan dengan headlamp bundar dari pendahulunya, tetapi bentuk grille elips serupa. Di belakang, ford memasang lampu belakang sudut yang dipasang di sudut yang mengikuti tren desain tepi baru sudah diprakarsai oleh ford fokus. Di dalam, Gen Taurus kelima menampilkan dasbor dengan tampilan yang kurang kontroversial, dengan instrumen cluster di atas memanjang di atas konsol tengah. Sistem audio berbentuk trapesium menggantikan yang sebelumnya, yang tampak seperti telur. Untuk kompartemen mesin, Ford menginstal pilihan dua mesin V6 dengan perpindahan serupa, dengan daya hingga 201 HP. Semua versi dikawinkan dengan otomatis standar 4 kecepatan, dengan shifter yang dipasang di lantai.