Itu adalah tahun terakhir manufaktur untuk generasi keempat Thunderbird, tetapi penting bagi hal-hal baru yang dibawa oleh mobil. Kembali pada tahun '66, Mustang mendapat sebagian besar perhatian pasar. Tapi Thunderbird adalah sesuatu yang berbeda. Itu dibangun lebih seperti convertible mewah daripada mobil sport. Itu lebih mahal daripada mobil kuda poni asli dan menawarkan lebih banyak kenyamanan daripada kebanyakan mobil di pasaran. The '66 Thunderbird (atau T-Bird) menampilkan gril metalik dengan bilah vertikal. Alih-alih lencana biru-oval, itu menampilkan burung bergaya. Cluster lampu depan meniru bentuk mata elang. Tonjolan tengah kecil meningkatkan tampilan, jika tidak, permukaan datar pada tudung datar. Panel perempat menampilkan sampul untuk roda belakang, dengan pelek chrome yang berbeda di sekitar roda-lengkung. Sebagai convertible mewah, Thunderbird tersedia dengan atap daya yang tersembunyi di balik kabin saat ditarik. Ford merancang Thunderbird sebagai coupe mewah pribadi, terinspirasi oleh mobil mewah Eropa. Di dalam, butuh inspirasi dari "jet-era," dengan tumpukan maju-maju kemiringan di mana ia menempatkan kontrol untuk stereo dan unit pendingin udara. Cluster instrumen menampilkan speedometer linier dan empat, bulat, dengan pengukur terinspirasi penerbangan untuk tekanan oli, pengukur bahan bakar, suhu pendingin, dan pengisian daya. Pemilih roda gigi yang dipasang di setir menunjukkan posisinya pada dial terpisah. Pada tahun 1966, Ford memperkenalkan mesin 6,4 liter yang menyediakan 320 HP dipasangkan sebagai standar dengan transmisi otomatis tiga kecepatan.