Ford membangun generasi kesembilan dari Thunderbird pada platform rubah yang sama yang digunakan untuk merkuri Cougar, Ford atau Lincoln Continental. Sejak awal Thunderbird, Ford khawatir tentang tumpang tindih dengan Mustang, dan sementara pony-car menerima mesin yang lebih kuat, T-Bird mendapat lebih banyak fitur menjadikannya coupe mewah pribadi. Sayangnya, karena tidak ingin bersaing dengan Mustang, Ford membuat Thunderbird terlalu lambat dan, meskipun desainnya ramping, itu tidak membuatnya menjadi grafik penjualan teratas. Eksteriornya jauh lebih baik daripada pendahulunya. Desain taksi ke belakang dengan tudung panjang dan batang pendek membuatnya terlihat sangat dinamis. Berkat kaca depan yang dipanggang dan kaca depan miring, itu cukup menarik. Di depan, lampu depan horizontal besar meningkatkan tampilan mobil. Desainer Ford memasang bumper yang dibungkus tubuh warna di depan dan belakang, dengan strip karet pada mereka. Dari sisinya, jendela kecil di belakang pintu membawa lebih banyak cahaya di dalam kabin. Di dalam, kursi ember depan dirancang untuk kenyamanan. Karena itu adalah kendaraan mewah pribadi, Ford memasang kayu trim di panel dasbor, pintu dan konsol tengah. Di tumpukan tengah, Thunderbird memakai pemutar kaset stereo terbalik otomatis yang ditempatkan lebih rendah dari unit kontrol pendingin udara. Di bawah kap, pilihan mesin terbaik adalah 2,3 liter turbocharged-four yang memberikan daya lebih dari 3,8 liter V-6 atau mesin V-8 5.0 liter. Sementara unit V dipasangkan sebagai standar untuk transmisi otomatis 3 kecepatan yang lamban, unit turbocharged dikawinkan dengan manual 5-speed.