Dengan tampilan retro-desain dan fitur-fitur modernnya, Thunderbird 2001 seharusnya menjadi ledakan dari masa lalu dan menghidupkan kembali nama merek, tetapi itu gagal. Ford meluncurkan generasi kesebelas Thunderbird pada tahun 1999 sebagai model tahun 2001. Itu didasarkan pada platform yang sama dengan Jaguar XF atau Lincoln Ls. Ketika itu meluncurkannya, seluruh pasar antusias, tetapi antusiasme itu tidak bertahan lama, dan T-Bird menenggelamkan dengan penjualan yang lambat. Produksinya berakhir pada tahun 2005. Desainnya terinspirasi oleh generasi pertama T-Bird. Gaya desain retro bisa saja terlihat di fasia depan, dengan lampu depannya yang besar dan bulat dan kisi-kisi yang rata dan penuh dengan jaring kotak persegi. Dengan siluet miring, yang mulai lebih tinggi pada fender depan dan turun ke belakang, konversi mengilhami tema desain gaya lama, tetapi dalam interpretasi modern. Hardtop menampilkan jendela oval pada C-Pillar, menyerupai Thunderbirds yang lebih tua. Untuk interior, Ford mencoba selama beberapa tahun untuk menemukan materi yang paling cocok untuk mobil. Pada akhirnya, itu menempatkan hal yang sama seperti di sebagian besar kendaraannya yang lain. Suatu hal yang baik adalah tampilan baru untuk cluster instrumen, yang menampilkan empat gol setengah bundar, dengan jarum merah di wajah putih. Tetapi mereka tidak terlihat terlalu baik di sebelah huruf LCD hijau yang ditempatkan di bagian bawah. Karena Bird dibangun sebagai coupe mewah pribadi, itu menampilkan dua kursi di depan dan bangku di belakang, semua dibungkus kulit. Ford memilih agar sesuai dengan satu mesin di bawah tudung Thunderbird: v8 3,9 liter yang diambil dari Jaguar. Itu dipasangkan dengan transmisi otomatis 5-kecepatan standar. Kemudian, pada tahun 2003, T-Bird menerima versi yang diperbarui, yang menyediakan 284 hp.