Hanya satu tahun sebelum rezim Komunis dibuang oleh rakyat, FSO memperkenalkan evolusi baru untuk rentang Polonez yang sudah tua dan menamakannya Prima. Dikembangkan pada platform Fiat lama, model tahun 1988 diperbarui untuk mengimbangi persaingan. FSO diekspor di Eropa Barat dan di U.K., dan menghadapi persaingan ketat dari pembuat mobil Prancis, Jerman, Inggris, dan Italia. Harga rendahnya bukan lagi alasan yang cukup baik untuk membelinya, jadi perusahaan Polandia harus beradaptasi. Interior menampilkan desain serupa seperti pendahulunya, rentang model polonez biasa. Karena kolom kemudi memiringkannya dan interior besar, mudah bagi pengemudi untuk menemukan posisi yang baik. Ada banyak ruang di belakang untuk dua penumpang, tetapi yang tengah harus duduk di terowongan transmisi. Seatback lipat belakang tersedia untuk meningkatkan ukuran batang. Meskipun ditawari garansi tiga tahun standar dan mesin yang layak, FSO Prime tidak sesukses pembuat mobil yang dibutuhkan untuk menjaga jalur produksi berjalan dengan lancar. Mesin 1,5 liter adalah satu-satunya pilihan yang ditawarkan di semua pasar, sedangkan untuk negara-negara Polandia dan Eropa Timur lainnya, FSO menawarkan dua versi lain dengan 1,4 liter dan 1,6 liter. Semua versi secara eksklusif dipasangkan ke gearbox manual 5-speed.