Mercedes-Benz memperkenalkan E-Class W123 pada tahun 1973, dan empat tahun kemudian, pembuat mobil itu memperkenalkan versi wheelbase panjang, V123. Pembuat mobil premium Jerman memiliki tradisi panjang dengan versi jarak sumbu roda panjangnya. Kendaraan-kendaraan ini sering digunakan sebagai mobil antar-jemput untuk hotel, perusahaan taksi, dan bahkan transportasi diplomatik. Tergantung pada tujuan mereka, pembuat mobil memasang lebih banyak fitur pada mereka. Dengan panjang 5.355 (17,6 'ft), V123 adalah 630 mm (2 kaki) lebih lama dari sedan W123 biasa. Ini memakai fascia depan yang sama dengan lampu depan horizontal persegi panjang dan sinyal belokan yang dipasang di sudut. Kedua versi menampilkan lampu bundar untuk pasar tertentu karena yang kuadrat tidak legal (di A.S.). Berbeda dengan limusin tipe Amerika, Mercedes-Benz memasang pintu belakang pada b-pilar dan memasang panel tambahan di belakangnya, yang mengarah ke fender belakang yang luar biasa panjang. Di dalam, pembuat mobil menawarkan pilihan interior dan bahkan menyediakan kendaraan dengan hanya bodywork dan kursi depan, sementara CoachBuilders independen dapat menyelesaikan kabin. Sementara dalam bentuk standar, V123 menawarkan kamar untuk hingga enam penumpang di belakang, tiga dari mereka duduk menghadap ke belakang. Karena berbagi platform dengan model W123, V123 menampilkan suspensi double-wishbone di depan dan lengan tertinggal di belakang. Itu menyebabkan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi daripada kebanyakan mobil lain di pasaran. Di bawah kap, pembuat mobil Jerman memasang pilihan mesin diesel dan bensin yang dipasangkan ke manual empat kecepatan atau otomatis empat kecepatan. Dimulai dengan 1981, mobil menerima manual lima kecepatan sebagai opsi.