Mobil pertama yang mengenakan lencana Holden dan produksinya dimulai pada tahun 1948 setelah dua tahun percobaan di lingkungan Australia. Ketika General Motors memutuskan untuk membangun mobil khusus untuk pasar Australia, pembuat mobil raksasa Amerika itu telah memiliki perusahaan Holden, yang mengkhususkan diri dalam bodyworks untuk berbagai sasis. Itu adalah tantangan dan kendaraan pertama yang menanggung nama Holden. Mobil itu diluncurkan di Oriental Hotel di Melbourne pada 26 November 1948, dan memiliki nama yang tidak biasa dari 48-215. Kemudian, itu dijuluki FX oleh dealer setempat. Dari luar, tampak seperti mobil Amerika biasa dari '40-an, dengan bodywork bulat dan fender lebar baik depan dan belakang. Split-Windshield dengan pusat Pined-out dianggap sebagai peningkatan aerodinamis untuk sedan. Grille Chrome-nya yang menonjol menampilkan sisi tengah yang lebih tinggi, di belakang bumper Chrome. Itu tampak seperti Chevrolet yang ditingkatkan sejak proyek awal adalah untuk mobil Amerika, tetapi dianggap terlalu kecil untuk pelanggan A.S. Di dalam, pembuat mobil menggunakan pengetahuan dari General Motors dan memasang bangku di bagian depan dan yang lain di belakang. Mobil bisa membawa hingga lima orang dewasa di dalamnya. Holden membangun 48-215 berdasarkan pada mobil ringan eksperimental 1938 195-Y-15. Insinyur GM mencoba membangun kendaraan monocoque pada proyek itu, yang 10 persen lebih ringan dari yang bingkai-on-frame dengan ukuran yang sama. Hasilnya adalah kendaraan satu ton yang ditenagai oleh mesin inline-enam yang mengembangkan 60 hp. Untuk saat-saat itu, itu adalah mobil cepat meskipun gearbox manual tiga kecepatannya, dan itu bisa mencapai 80 mph (129 kpj).