Itu adalah Commodore Holden pertama yang berpisah dengan Opel / Vauxhall Omega Eropa, dan itu menunjukkan otot-otot Teknik Australia. Sementara para pendahulunya dikembangkan pada berbagai model Opel / Vauxhall, generasi keempat dari Sedan Olahraga Australia dirancang oleh insinyur Holden di Australia. Mereka tidak ingin mengadopsi apa pun dari Eropa ke lingkungan mereka yang keras. Ini mungkin disebut mobil yang dirancang oleh penggemar untuk penggemar dan keluarga. Yang terakhir ditambahkan ke persyaratan rekayasa hanya untuk menghasilkan keuntungan dari model Commodore. Tampilannya agresif, dengan panel bulat yang sepertinya akan meledak di bawah tekanan dalam, dan beberapa ratus kuda akan dilepaskan di jalan. Itu diproduksi di Australia untuk pasar A.S., di mana ia dijual sebagai Pontiac G8 sedangkan U.K. menerima versi Vauxhall VXR8. Interior menyerupai beberapa isyarat desain Opel, seperti tumpukan tengah dengan tiga tombol putar untuk sistem HVAC. Roda kemudi dan cluster instrumen juga terinspirasi oleh Vectra Opel / Vauxhall, yang masih dalam produksi. Berkat wheelbase yang besar, ia menawarkan ruang kaki yang baik untuk penumpang kursi belakang. Bagi mereka yang membutuhkan lebih banyak, ada juga versi wheelbase yang diperpanjang bernama Statesman / Caprice. Di bawah tenda, Commodore ditawarkan dengan dua mesin, dengan output daya yang berbeda. Model dasar, yang terutama dibangun untuk massa, dilengkapi dengan unit V6 3,6 liter. Versi teratas adalah SS dengan mesin V8 6,0 liter yang dipasangkan ke manual 6-speed.