Tanpa keberhasilan generasi pertama Civic, hampir tidak ada masa depan untuk merek Jepang kecil, dan tidak ada kemenangan F1 dan VTEC yang gila tidak akan ada. Civic 1972 tersedia dalam beberapa versi tubuh, termasuk empat pintu, stasiun-wagon, dan versi 3 pintu ini. Krisis minyak, pajak baru, dan peraturan dan perburuan kendaraan hemat bahan bakar menaikkan permintaan dunia untuk kendaraan kota semacam ini, yang dapat berjalan sebulan dengan tangki penuh bensin. Civic 3 pintu kecil tetapi masih menyediakan ruang untuk empat orang di dalam, terutama jika mereka berada di bawah rata-rata. Untuk dua orang dewasa dan dua anak di belakang, itu sempurna. Karena permukaan jendela yang besar, sepertinya hampir tidak memiliki b-pilar. Lampu bulat dan grille hitam menyerupai huruf-H di depan mobil. Di belakang, ada pilihan untuk gelas lift atau bak truk yang terbuka ke bawah. Itu tidak terlihat konyol pada waktu itu. Di dalam, Honda memilih untuk menempatkan bahan yang tampan, termasuk trim kayu di dasbor dan pintu. Dengan cluster instrumen sederhana namun efektif, pengemudi dapat membaca revs dan sekilasnya. Sebagian besar informasi berguna lainnya disertai dengan lampu merah, hijau, biru, atau kuning. Dari sudut pandang keselamatan, civic generasi pertama menampilkan sabuk pengaman depan, yang tidak wajib. Pada daftar Opsi, Honda menawarkan transmisi semi-otomatis, wiper jendela belakang, dan AC. Dengan pengalaman besar di industri sepeda motor, Honda bersikeras memproduksi mesin pemindahan kecil. Hasilnya adalah unit 1,2 liter kecil yang menawarkan hingga 75 hp! Itu besar untuk saat itu. Kemudian, Honda menawarkan mesin 1,5 liter.