Honda membuat langkah besar untuk ide-ide desainnya ketika mengganti generasi kedua dengan generasi ketiga tahun 1983 dari Civic. Pada tahun 1983, dua hal baru datang dari Jepang: permainan Mario Bros datang di pasar dan generasi ketiga Honda Civic. Sementara videogame yang populer harus menunggu selama dua tahun untuk menjadi terkenal, Civic adalah pukulan instan. Honda menawarkan sipil berbentuk terjepit dalam beberapa pilihan tubuh, berkisar dari hatchback tiga pintu ke CRX coupe sporty, sedan, dan antar-jemput, yang terakhir berada di setengah jalan antara SUV berukuran kecil dan station wagon . Mereka menampilkan lampu persegi panjang dan sinyal belokan yang dipasang di sudut dengan lensa transparan. Plastiknya, yang dibungkus, bumper berwarna hitam atau dicat, tergantung pada level trim. Sisi belakang vertikal mendefinisikan bentuk mobil lebih sebagai kammback daripada hatchback. Civic tidak menampilkan tailgate nyata karena hanya jendela belakang yang bisa dibuka ke atas. Di dalam, Civic melanjutkan konsep desain garis lurus. Ini menampilkan dasbor datar dan cluster instrumen kecil dengan bentuk trapesium. Tergantung pada mesin dan level trim, ini hanya menampilkan dua alat pengukur untuk suhu bahan bakar dan pendingin dan speedometer. Versi atas ditingkatkan dengan tachometer. Di bawah tenda, Honda memasang pilihan tiga mesin, termasuk 1,6 liter yang menusuk, yang menyediakan 150 hp. Itu adalah awal dari teknologi VTEC, dan seluruh dunia terpana oleh daya spesifik tinggi yang ditawarkan oleh pembuat mobil kecil Jepang.