Setelah lima tahun menunggu, penggemar Honda dari Eropa senang dengan generasi keempat Typer Civic. Ini adalah generasi pertama Hot-Hatch Jepang yang menerima turbocharger untuk mesin bensin 2.0 liter. Tidak biasa bagi Magister Mesin Aspirasi Alami untuk memperkenalkan turbocharger untuk Hot-Hatch yang sporty, tetapi itu adalah satu-satunya cara untuk mengikuti produsen Eropa lainnya seperti Ford, Volkswagen atau Renault. Dari luar, garis-garis ditingkatkan secara dramatis dibandingkan dengan Civic biasa. Sayap belakang yang lebih besar, lengkungan roda yang lebih besar dan roda paduan cahaya 19 "melengkapi gambar mobil kompak prajurit jalan. Pabrikan mengklaim bahwa aerodinamika berlebihan telah dipelajari sehingga kendaraan akan memiliki faktor pengangkatan negatif, yang tidak biasa untuk kelasnya. Di dalam, kursi ember depan recaro baru dilapisi di Alcantara dan akan meyakinkan dukungan yang tepat bagi penghuninya. Kursi bangku belakang agak membosankan, tampak seperti akan menghabiskan seluruh hidupnya di lantai garasi. Ini datar dan tanpa dukungan samping. Tapi masih memiliki trim alcantara. Komponen utama Typer Civic berada di bawah tenda. Mesin ini menawarkan torsi 310 hp dan 400 nm (295 lb-ft) antara 2500 hingga 4.500 rpm. Gearbox manual 6-speed dikalibrasi untuk kinerja maksimum sehingga kecepatan teratas 270 kpj (168 mph) akan dicapai dalam gigi ke-6 pada 6500 rpm. Sprint 0-100 kpj (0-62 mph) diperoleh hanya dalam 5,7 detik.