Setelah berhasil memperkenalkan Honda CR-V pada SUV-Segmen, pembuat mobil Jepang memperkenalkan crossover berdasarkan platform Civic: HR-V. Pasar crossover hampir tidak ada. Bahkan istilah itu sendiri hampir tidak digunakan, dan hanya ada beberapa penawaran di atas meja. Honda berjudi, dan itu menang dengan kendaraan rekreasi ringan yang memiliki SUV STANCE, mesin segmen kompak dan dilengkapi dengan sistem all-wheel-drive sebagai opsi. Desainer mobil tidak mengambil apa pun dari Honda Range. Itu adalah kendaraan yang dirancang dari awal, dan satu-satunya batasan adalah platform teknis. Dengan lampu depan berbentuk aneh yang mengambil ruang ke dalam bumper depan dan grille tinggi inci, HR-V adalah jenis campuran antara gerobak stasiun kompak dan SUV. Garis atap berakhir dengan sayap kecil di belakang dan bak belakang datar. Hanya lampu belakang yang menyerupai, entah bagaimana, yang dipasang di CR-V. Versi lima pintu diperkenalkan lebih lambat dari tiga pintu, dalam upaya untuk mendapatkan lebih banyak perhatian bagi mereka yang membutuhkan akses langsung ke kursi belakang. Di dalam, ide kendaraan rekreasi tinggi (HR-V) adalah untuk menawarkan ruang yang cukup untuk lima orang dewasa dan batang yang cukup besar untuk akhir pekan di pondok gunung. Berkat area jendela besar dan kebesaran, cermin pintu, mobil menawarkan perasaan kendaraan 4x4. Ini menawarkan fitur standar seperti AC, power windows, power steering, dan sistem audio yang layak. Di bawah kap, Honda memasang mesin 1.6 liter yang disedot secara alami hanya dengan 106 hp. Itu dikawinkan dengan manual 5-speed yang dipasang sebagai standar atau CVT sebagai opsi. Honda menjual mobil dengan drive depan atau all-wheel.