Pada tahun 1999, Honda mencoba meluncurkan kendaraan yang sangat hemat bahan bakar dengan powerplant gas-listrik di bawah tenda, tetapi itu bukan revolusi. Toyota mendapat awal yang lebih baik dengan Prius, yang diluncurkan pada akhir 1997. Honda menunggu dua tahun lagi dan memperkenalkan generasi pertama wawasan pada tahun 1999. Itu dirancang sebagai mobil komuter dan diiklankan dengan efisiensi bahan bakar yang sangat optimis. Masalahnya adalah bahwa, dalam kehidupan nyata, sebuah warga negara hampir se ekonomis seperti wawasan, tetapi ia menawarkan empat pintu. Coupe seperti sabun itu menarik dan menarik banyak perhatian padanya ketika Honda memperkenalkannya di pasar Amerika Utara. Tear-drop seperti lampu depan dan tampilan futuristik tidak biasa untuk saat-saat itu. Setelah tudung panjang, dibandingkan dengan panjang mobil, kaca depan yang disapu dan lengkungan, rumah kaca pendek membuat kendaraan terlihat seperti mainan. Di belakang, lampu belakang segitiga yang dipasang tinggi sangat terlihat, dan pengenalan panel kaca vertikal pada liftgate visibilitas belakang yang sangat ditingkatkan. Di dalam, wawasan ini menampilkan sepasang kursi yang didukung di bagian depan dan rak besar di belakang, seperti bagasi. Cluster instrumen bagian-digital, bagian-analog membantu pengemudi mendapatkan konsumsi bahan bakar yang lebih kecil dan terus-menerus menunjukkan efisiensinya. Di bawah kap, wawasan 1999 menampilkan mesin bensin 3 silinder dan motor listrik. Majelis dipasangkan ke gearbox manual 5 kecepatan. Honda memperkenalkan CVT pada tahun 2000.