Hyundai memperkenalkan Getz MPV di segmen mini pada tahun 2001 di Tokyo Motor Show. Mobil kecil tersedia dalam gaya tubuh tiga pintu atau lima pintu. Tergantung pada pasar, Hyundai Getz juga dijual sebagai Hyundai Click atau Hyundai TB. Sementara segmen MPV menurun, Hyundai mencoba masuk ke pasar niche minivan berukuran kecil dengan Getz. Ketika meluncurkan kendaraan, diharapkan pelanggan yang mencari kendaraan berukuran kompak akan menghargai ruang interior mobil mereka dan ukuran eksterior kecil. Berdasarkan platform yang sama dengan aksen Kia Picanto dan Hyundai, Getz berada di tengah-tengah antara hatchback segmen kecil dan minivan. Tudung dan kaca depan yang disapu dilanjutkan dengan atap datar dan tailgate vertikal. Lampu depan yang tampak sudut dirancang dalam gaya desain-tepi yang baru, dengan sinyal belokan yang dipasang di sudut dan lensa yang jelas. Dengan sebagian besar penyok kecil yang terjadi di tempat parkir, Hyundai melindungi bodywork Getz dengan cetakan plastik hitam di sisi dan bumper. Di dalam, karena rumah kaca yang tinggi, desainer Hyundai memasang kursi yang lebih tinggi untuk menyediakan ruang kaki yang lebih baik untuk penumpang belakang. Di bawah kap, Hyundai memasang pilihan empat mesin, baik diesel, dan bertenaga bensin, semua dikawinkan dengan transmisi manual. Tidak ada transmisi otomatis yang ditawarkan pada tahun 2002.