Setelah manajemen TATA memotong stasiun X-Type Jaguar dari lini produksi, perusahaan mobil Inggris tidak memiliki apa pun untuk ditawarkan di segmen itu hingga 2017, ketika XF Sportbrake muncul. Tubuh stasiun-wagon bukanlah sesuatu yang biasa untuk British Brand Jaguar. Ini adalah merek yang dikenal dengan kendaraannya yang cepat dan mewah, tetapi tidak untuk stasiun-gerbong. Tetap saja, pasar untuk bodywork semacam itu besar dan Jaguar mencari sepotong dan dimasukkan dengan Sportbrake pada 2017 melawan tur Seri BMW 5 dan Mercedes-Benz E-Class T-Model. Bobot 188 kg (414.5 lbs) Lebih dari sedan, kendaraan menawarkan lebih banyak ruang di bagasi. Hingga Pilar B, Sportbrake adalah mobil yang sama dengan XF biasa. Garis atap yang diperluas dan D-Pillar Raked dan Tailgate menawarkan pandangan yang berbeda. Jaguar memilih nama itu menyerupai gaya roti rem, yang mewakili coupe station-wagon. Ujung belakang Raked menekankan tampilan olahraga daripada pada kapasitas kargo. Di dalam, ada XF mewah yang sama dengan sedan. Dasbor yang sama dengan ventilasi berputar dan tombol rotary naik untuk pemilih gigi untuk transmisi otomatis. Di belakang, seatback split 60/40 memperpanjang ruang bagasi. Untuk melipatnya, ada dua tuas pada panel interior, di kompartemen bagasi. Meskipun menambah berat badan, Jaguar menyatakan bahwa karena memasang suspensi udara dan bar stabilizer yang lebih tebal, mobil menangani sama dengan versi sedan. Di bawah tenda, XF Sportbrake tidak tersedia dengan rentang mesin yang sama dengan sedan. Itu ditawarkan dengan pilihan satu bensin dan empat mesin diesel. Itu tersedia dengan drive belakang atau all-wheel.