Ian Callum mengakui bahwa ia mengambil inspirasinya dari tipe elektronik yang terkenal ketika ia merancang XK, dan versi Open-Top bahkan lebih meyakinkan daripada saudara kandungnya. Ketika XK 2006 diperkenalkan, pendahulunya, XK8, sudah berusia sepuluh tahun. Perusahaan Inggris tahu bahwa itu membutuhkan kendaraan baru, bukan hanya facelift lain. Dengan mengatakan itu, Ian Callum dan timnya berkumpul dan merancang kendaraan yang menakjubkan, tetapi dengan lebih banyak aluminium untuk membuat mobil lebih bersemangat untuk mengemudi daripada XK8. Sementara mereka sedang mengerjakan tampilan, tim teknik bekerja keras untuk menemukan cara untuk memasang mesin 5.0 liter baru di bawah tenda. Tim desain mengambil inspirasi dari salah satu mobil paling indah di dunia, tipe-E. Enzo Ferrari sendiri membuat pernyataan itu tentang tipe-E, jadi salahkan dia jika saya salah. Grille berbentuk oval dari XK menyerupai model 60-an yang mulia dari Jaguar. Lampu depannya yang tampak unik di pasaran, dan lubang-lubang dalam untuk lampu kabut tampak seperti mereka dirancang untuk senapan mesin di mobil James Bond. Kanvas-atas menawarkan suara yang baik dan isolasi termal. Di dalam, kemewahan Inggris bisa saja yang terbaik. Terlepas dari beberapa tombol Ford Fiesta dan switch, yang lainnya mewah. Kulit yang mahal dan trim kayu menyelesaikan suasana eksklusivitas dan selera yang baik. Sementara kursi depan dibuat untuk kenyamanan, yang belakang hanya cocok untuk anak kecil karena ruang kaki hampir tidak ada. Terlepas dari XKR yang ganas, sisa jangkauannya dilengkapi dengan tiga pilihan mesin V8. Semuanya dipasangkan ke gearbox otomatis 6-percepatan dan mengirim daya ke roda belakang.