Generasi ketiga Kia Optima diluncurkan di New York International Auto Show. Itu memiliki platform teknis yang sama dengan Hyundai Sonata atau I40, menampilkan suspensi independen semua roda dengan mesin depan dan arsitektur penggerak roda depan. Dirancang di studio Kia di Frankfurt, Jerman dan Irvine, California, optima lebih lama, lebih luas dan lebih rendah dari magentis yang diganti. Tampilan profil sportier ditandatangani oleh Peter Schreyer, mengikuti bahasa desain baru yang ditampilkan di Kia Forte dan Kia Sorento, dan menggunakan griles perusahaan baru Carmaker Korea, yang dikenal sebagai Hidung Tiger. Lineup Mesin Optima telah diganti dengan Universal GDI 2.4-liter 4-silinder Unit, baik dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan dengan tampilan ECO Dash, atau transmisi manual 6-speed. Di pasar lain di luar M.S., ada mesin lain yang juga tersedia, seperti inline-4 dengan gasoline pemindahan 2,0 liter atau dua varian turbodiesel dengan pemindahan 1,7 liter dan 2,0 liter. Ini juga dapat dikawinkan dengan manual 6-percepatan atau transmisi otomatis 6-percepatan. Interior Optima menampilkan konektivitas iPod dan Bluetooth. Pada 2013, KIA menawarkan sistem infotainment UVO yang dibangun bekerja sama dengan Microsoft, dengan layar sentuh yang lebih besar dan kamera cadangan terintegrasi. Ini juga memiliki fitur, tergantung pada level dan opsi trim, kursi belakang dipanaskan, sistem navigasi, kursi depan dipanaskan dan didinginkan dan moonroof panorama.