Siapa bilang mobil stasiun-wagon sudah mati pada tahun 2016 sudah salah. Kia memperhatikan peningkatan kendaraan jenis itu dan meluncurkan Optima Sportswagon di Jenewa Motor Show. Salah satu alasan mengapa stasiun-wagons tidak begitu dicari adalah desainnya. Mobil-mobil itu tampak lebih baik di atas kertas tetapi tidak begitu baik di jalan masuk pelanggan. Terlepas dari utilitas dan kepraktisan mereka, mereka tidak dapat mencocokkan langkah penjualan. Itulah sebabnya beberapa pembuat mobil seperti Alfa Romeo atau Jaguar tidak menawarkan gerbong stasiun untuk mobil mereka. Tetapi Kia tahu bahwa jika Cee'd Sportswagon memiliki pelanggannya, optima yang lebih besar akan memiliki daya tarik yang sama. Hingga pilar-B, Optima Sportswagon sama. Itu adalah stasiun segmen D pertama-wagon yang dibuat oleh Kia dan para desainer mencoba memperbaikinya. Atap miring ke belakang dan beltline yang diangkat di belakang C-Pillar membuat mobil terlihat lebih sportier. Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, Tailgate Raked dan spoiler atap secara visual meningkatkan desain dinamis mobil. Di dalam, ada dashboard yang sama dengan optima biasa. Kursi-kursi luas dan datar untuk memastikan perjalanan yang nyaman. Di belakang, bangku itu masih datar tetapi bisa dilipat dalam rasio 40:20:40. Itu bagus untuk empat orang dewasa yang ingin bermain ski. Batang yang sangat besar melegakan bagi setiap orang yang akan melakukan perjalanan panjang dan mengambil tenda di dalam. Optima Sportswagon dilengkapi dengan opsi mesin yang sama dengan sedan dan pilihan transmisi yang sama juga.