Produsen mobil Swedia Koenigsegg membayangkan generasi super baru ketika merancang CCX, dan hasilnya luar biasa untuk saat-saat itu. Untuk setiap saat, sebenarnya. Itu adalah peringatan kesepuluh untuk produsen mobil kecil, dan Christian Von Koenigsegg memutuskan untuk iklan X (sepuluh, dalam sistem penomoran Romawi) ke huruf CC, yang berdiri untuk coupe kompetisi. Tapi itu lebih dari supercar; Itu adalah awal dari era Hypercar, di mana kendaraan itu berbentuk tangan demi potongan, dan hasilnya terkenal dengan pertunjukan yang luar biasa dan harga yang menakjubkan. Koenigsegg membangun CCX dari serat karbon dan merancang mesin Ford 4.7 liter yang direkayasa ulang untuk mendapatkan rasio daya-ke-berat yang luar biasa. Profil aerodinamisnya menyebabkan resistansi drag 0,32, yang diperlukan untuk mencapai beberapa downforce pada kedua as. Kemudian, produsen mobil menambahkan sayap opsional di belakang untuk meningkatkan traksi. Pintunya menampilkan mekanisme pembukaan yang unik, yang dirancang Koenigsegg karena sistem lain yang ada tidak cocok dengan profil mobil. Di dalam, pembuat mobil memasang interior berpakaian kulit dihiasi dengan trim serat karbon pada setir, dasbor, dan ventilasi udara. Carmaker memasang disk aluminium di konsol tengah dengan tombol untuk berbagai fungsi untuk mobil. Koenigsegg erat bekerja dengan Recaro dalam mengembangkan kulit serat karbon berlapis-lapis di Alcantara dan kulit untuk kursi. Di bawah kap, mesin twin-turbocharged 4,7 liter menghasilkan 806 hp dan 970 nm (679 lb-ft). Itu dipasangkan sebagai standar ke gearbox manual enam kecepatan, dan produsen mobil menawarkan gearbox berurutan enam kecepatan.