Di Uni Soviet, industri mobil terutama difokuskan di sekitar pabrik Tolyatti, di mana ia membangun merek Lada / Zhiguli dalam berbagai bentuk. Sulit untuk menyembunyikan asal Fiat 124 di bawah bodywork Lada yang berbentuk kembali dan dirubah. Tetapi kawan-kawan Kremlin terlalu peduli tentang itu. Apa yang mereka pedulikan adalah mobil untuk membawa mata uang asing yang berharga untuk situasi ekonomi Rusia yang putus asa. Tim teknik memperhatikan perbedaan yang dibuat oleh tren desain Eropa dan meningkatkan kendaraan yang sudah tua. Di luar, bentuk mobil itu masih mirip dengan stasiun Fiat 124-wagon tetapi menampilkan lampu depan kuadrat alih-alih yang bundar yang digunakan sebelumnya. Karena mereka tidak dapat menemukan cara untuk memuat plastik, bumper yang dibungkus, mereka menyimpan logam yang digunakan sebelumnya tetapi menambahkan beberapa strip karet di atasnya. Di belakang, tailgate ke depan yang sedikit menyapu dirancang ulang untuk memberi ruang bagi lampu belakang yang lebih menonjol. Di dalam, tim desain menginstal dasbor baru dengan cluster instrumen yang ditingkatkan. Di sana, itu menempatkan speedometer yang lebih besar dan pengukur kecil sementara tachometer dibuang. Meskipun sebagian besar pembuat mobil sudah menawarkan Windows Windows, Lada masih menampilkan yang diputar tanpa pilihan lain. Seperti yang diharapkan, AC masih belum tersedia. Di belakang, sistem lipat tunggal untuk bangku adalah satu-satunya pilihan untuk memperluas bagasi. Di bawah kap, Lada tidak bisa mengembangkan mesin yang lebih baik daripada yang diinstal sebelumnya dan menawarkan dua opsi yang diberi makan karburator. Efisiensi bahan bakar mereka buruk, dan pertunjukannya tidak ada di dekat gerobak stasiun kompak barat. Keuntungan utama Lada Nova adalah harga murah.