Berdasarkan platform Fiat Tiga Fiat yang berhasil sebagai Delta Integrale yang terkenal, Dedra adalah lineup segmen kompak yang membantu menghidupkan kembali merek Italia Lancia. Di awal tahun 80-an, kejuaraan reli dunia didominasi oleh Audi Quattro S1 yang perkasa, dan Italia kehilangan tanah dengan Lancia 037, RWD, monster. Pada pertengahan '80-an, mobil reli grup B dilarang karena beberapa kecelakaan mematikan. Lancia kembali menang dalam kategori Grup A dengan delta integrale. Menggunakan platform yang sama, orang Italia membangun Prisma dan, pada tahun 1992, mereka datang dengan Dedra, yang mereka segarkan pada tahun 1994. Karena garis yang tampak lebih lembut dan tepi bulat, itu bukan kendaraan yang tampak kasar seperti sebelumnya , Tapi itu terlihat lebih menarik bagi pasar. Dengan gril yang lebih sempit dan lampu depan yang dibentuk kembali, itu tidak terlihat agresif seperti sebelumnya, dan menemukan jalannya ke garasi keluarga di seluruh Eropa. Dengan Pendahuluan Versi Station-Wagon, Dedra menjadi kendaraan keluarga premium yang sangat populer karena memiliki merek, fitur, dan harga yang tepat. Jendela ketiga rhomboidal di belakang pilar-C dan bak belakang Raked membuatnya terlihat seperti gerobak sporty, dan dengan mesin yang tepat diinstal, itu benar-benar kendaraan cepat. Di dalam, Dedra Wagon cocok untuk hingga lima penumpang, tetapi terowongan pusat tinggi terlalu mengganggu ke kabin. Itu membuat posisi yang sulit untuk penumpang belakang tengah. Tepi yang melunak dari dasbor dan enam-dial cluster instrumen, terlepas dari jam analog, tidak biasa ketika sebagian besar pembuat mobil mencoba menawarkan hanya empat alat pengukur. Sedangkan tingkat trim dasar menampilkan kursi kain dan interior dasar, tingkat atas menerima trim kayu pada dasbor dan pelapis kulit kursi.