Kebutuhan akan mobil eksekutif dalam lineupnya membuat Lancia meluncurkan tesis pada tahun 2001. Itu didasarkan pada mobil konsep dialogos. Tetapi model seri itu jauh dari prototipe. Lancia memberi kendaraan dunia seperti Stratos atau Delta, mobil yang menulis halaman dalam sejarah motorsport. Merek Italia memiliki beberapa kendaraan mewah di masa lalu, jadi tidak terlalu aneh dengan segmen premium. Desainer Italia memulai mobil dengan salah satu fasciae frontal paling kontroversial dari industri mobil pada tahun 2001, dengan dua lampu depan berbentuk ganjil dan gril yang tampak seperti perisai. Gril itu baik-baik saja, dan semua orang memahaminya. Bagian belakang mobil, dengan dua lampu belakang vertikal, sangat dihargai. Tengah meskipun terlalu hambar. Konsep dialogos memiliki lantai kayu. Tidak ada yang berharap memiliki bahwa pada model seri dan tesis memiliki lantai konvensional tetapi menyimpan tema kayu untuk konsol tengah, trim pintu, dan dasbor. Cluster instrumen memiliki panggilan bundar dan tampilan warna di tengah, untuk komputer on-board. Sistem Infotainment menampilkan navigasi, Radio-CD, dan Aux-in. Itu adalah interior yang berbeda dari apa Audi, Mercedes-Benz atau BMW yang ditawarkan pada waktu itu. Dikembangkan dengan platformnya sendiri dan suspensi aluminium pada kedua ujungnya, tesis terlalu mahal untuk masuk dalam persaingan dengan Ford Mondeo, tetapi terlalu jauh dari sudut pandang kinerja untuk mengikuti produsen mobil premium. Bahkan versi V6 teratas berjuang untuk mendapatkan 0 hingga 100 kpj (0-62 mph) dalam waktu kurang dari 9 detik.