Di akhir tahun 80-an, Land Rover dengan putus asa membutuhkan produk baru, dan itu berkembang setelah British Aerospace membeli Rover Group pada tahun 1988. Program pengembangan memakan waktu hampir satu dekade, tetapi freelander melebihi harapan tersebut. Itu menjadi kendaraan paling sukses dalam sejarah Land Rover dan pemimpin pasar selama lima tahun berturut-turut. Tapi itu tidak dikembangkan dengan BMW, seperti yang dipikirkan beberapa orang. Proyek ini hampir dilakukan ketika pembuat mobil Jerman mengakuisisi Grup Rover pada tahun 1994. Gerry McGovern menandatangani desain, dan itu adalah campuran antara kendaraan off-road dan gerobak stasiun kompak. Di depan, dia memasang lampu depan di atas bumper untuk melindungi mereka dari semak-semak dan rintangan ringan lainnya, termasuk belanja. Desain fungsional bekerja dengan baik untuk bumper, di mana area besar hitam, plastik anti gores dibiarkan tidak dicat. Garis atap dua langkahnya menyerupai bentuk penemuan Land Rover. Kedua versi Frelander menampilkan jendela geser daya pada tailgate dan sinyal belokan yang dipasang tinggi. Di dalam, McGovern merancang interior. Dia tidak puas dengan semua bagian yang diperlukan dan menyebutnya sehari. Dia menempatkan sejumlah besar tempat penyimpanan di dan di dasbor, di panel pintu, di konsol tengah, dan mengunci satu di lantai bagal. Dia meyakinkan para insinyur untuk menemukan solusi, jadi terowongan transmisi hampir dihapus, yang membantu mencapai ruang interior yang hebat, terutama untuk versi lima pintu. Pada tahun produksi pertama, Freelander menampilkan mesin Rover saja: Bensin 1,8 liter dan turbodiesel 2,0 liter. Hanya versi facelifted yang ditingkatkan oleh BMW dan ditingkatkan dengan unit turbodiesel Jerman 2.0 liter.