Hanya lima tahun telah berlalu sejak Lotus memasuki industri mobil dan, pada tahun 1957 London Motor Show, meluncurkan tipe 14 - elit sebagai mobil balap jalan-hukum. Pada tahun 1957, sebagian besar pembuat mobil masih terjebak dengan konstruksi bingkai-on-frame. Kendaraan berat mereka membutuhkan mesin besar untuk memindahkan mobil dengan kecepatan sedikit lebih tinggi dari kereta. Lotus sudah terlibat dalam Formula 1 dan belajar sangat cepat sehingga kekuatan signifikan dapat membuat Anda dalam masalah, sementara mobil ringan kemungkinan besar akan berkembang lebih baik, meskipun itu kurang bertenaga. Di luar, elit kecil itu tampak seperti tidak ada yang lain di acara itu. Bentuk bulatnya, lampu depan bulat, dan rumah kaca seperti gelembung menciptakan kejutan bagi semua orang. Pada tahun 1957 itu menantang untuk membuat profil seperti yang ada di elit. Kaca depan yang disapu dan melengkung dan punggung melengkung tidak meninggalkan ruang untuk salah menafsirkan tentang jumlah kursi mobil. Di dalam, Lotus memasang dua kursi bucket dan terowongan transmisi tinggi di mana pembuat mobil memasang tongkat roda gigi dan rem tangan lurus. Panel dasbor aluminiumnya menampilkan tombol tarik-push, sangat berguna pada jalur balap tetapi tidak menyenangkan untuk penggunaan jalan. Yang paling penting adalah tachometer dan speedometer pada panel instrumen lima-dial, sedangkan tiga alat pengukur lainnya menunjukkan informasi tentang tingkat bahan bakar, suhu pendingin, dan jam. Di bawah kap, Lotus memasang mesin 1.2 liter, inline-empat. Sepasang karburator double-barel sued memberinya makan. Kendaraan ringan dan koefisien hambatan rendahnya hanya 0,29 membuat mobil sangat cepat untuk mesin kecilnya.