Ketika Lotus memperkenalkan Esprit pada tahun 1976, itu tidak tahu bahwa itu akan menjadi mobil yang akan melintasi merek Inggris ke milenium baru. Esprit adalah mobil yang mengubah gambar lotus selamanya. Itu lebih dari mobil sport. Itu adalah konsep baru. Collin Chapman tidak senang pada awalnya, tetapi setelah dia melihat model skala ukuran penuh, dia memberi OK, dan mobil diluncurkan. Lotus dibangun 10.675 esprits hingga 2004 ketika unit akhir bergulir dari lini produksi. Giorgetto Giugiaro merancang mobil dengan konsep "kertas lipat" dalam pikiran dan membangunnya dari Fiber-Glass. Dengan demikian, itu menghasilkan bodywork yang ringan dan berbentuk terjepit dengan permukaan datar, lebar dan tepi yang jelas. Giugiaro membawa lampu pop-pop-up dan lampu belakang dari Fiat X1 / 9, yang dirancang Bertone. Terlepas dari semua upgrade saat dijalankan, Lotus tidak ingin menginstal lampu depan tetap dan menyimpan bentuk aslinya. Sementara model pertama menampilkan lampu belakang horizontal, persegi panjang, dan knalpot yang dipasang di samping, versi yang lebih baru menampilkan taillamp bundar dan pipa yang dipasang di tengah. Di dalam, Giugiaro membuat cluster instrumen di sekitar pengemudi, dengan sisi miring. Itu terinspirasi oleh perintah pesawat tempur. Dasbor datar dan terpasang rendah tidak menampilkan tumpukan tengah. Antara kursi ember olahraga dengan pemulihan tinggi, Lotus memasang konsol tengah tinggi dengan kompartemen penyimpanan. Lotus membuat mobil sport mesin menengah dengan unit kecil, empat silinder dipasangkan ke gearbox manual lima kecepatan. Kemudian, ia menambahkan berbagai mesin lain, termasuk beberapa opsi turbocharged atau V8.