Pada tahun 1989, Mazda memperkenalkan generasi keenam dari pesaing segmennya, 323, dalam bentuk tiga tubuh. Versi 3 pintu adalah yang paling sport dari mereka semua. Seperti Honda, Mazda membuat tiga mobil yang mengenakan nama yang sama, tetapi mereka memiliki sedikit kesamaan. Ambil hatchback, misalnya. Itu adalah mobil yang ditujukan untuk mereka yang mencari kendaraan 3 pintu cocok untuk penggunaan perkotaan dan berkinerja baik pada perjalanan panjang. Tergantung pada versi mesin, itu bisa menjadi hemat bahan bakar atau cepat. Atau haruskah kita meminta roda? Sementara pembuat mobil lain sudah mulai mengumpulkan desain kendaraan mereka, Mazda memainkan kartu terakhir untuk kendaraan berbentuk terjepit. Garis lurus dan panel tubuh datar dari 323 hatchback mirip dengan beberapa mobil Eropa 80-an. Namun, ada kecenderungan pemalu untuk melunakkan tepi pada kap dan panel perempat belakang. Di dalam, hatchback 323 menampilkan desain polos yang sama dengan garis lurus seperti pada awal tahun 80-an. Untuk versi tertentu, Mazda menawarkan panel instrumen yang tidak berguna dengan Digital Dials. Lebih sulit untuk membacanya, dan sebagian besar pemilik memilih panel biasa, analog. Tergantung pada versi, Mazda menawarkan 323 dengan kursi ember atau dengan kursi yang didukung tinggi untuk penumpang depan. Tidak terlalu banyak ruang di belakang, tetapi dua orang dewasa bisa pas. Sakit kembali dipasang terlipat untuk memperluas area bagasi. Di bawah tenda, pembuat mobil Jepang memasang pilihan mesin yang sangat luas, dari turbocharged 1,3-liter yang hemat hingga kinerja 1,8 liter. 323 juga ditawarkan dengan sistem penggerak semua roda.