Generasi kedua Mazda 6 / Atenza telah mengikuti ide Ford tentang bentuk tubuh, dan itu ditawarkan sebagai sedan, hatchback, dan station wagon. Ford memiliki sebagian besar Mazda sejak 1996, dan sebagai bagian dari rencana berbagi platform dan mesin di antara merek. Itu sebabnya Mazda 6 menerima platform Mondeo, dan itu adalah langkah yang baik. Pembuat mobil Jepang dikenal karena produk-produk sporty-nya, mulai memutar roadster terlaris secara global, MX5, dan satu-satunya mobil sport di pasaran dengan mesin rotary, RX8. 6 mencoba menawarkan perasaan yang menyenangkan dan sporty untuk sedan keluarga. Desainer Mazda memutuskan untuk menggabungkan garis-garis lengkung dan sudut yang tajam. Lengkungan roda depan diperbesar, dan lampu depan-back-back membangkitkan mata prajurit Samurai. Kabupaten pentagonal berbentuk V yang sedang menyapu meningkatkan tampilan sporty kendaraan. Meskipun lebih tinggi, lebih luas, dan lebih lama dari pendahulunya, itu lebih ringan oleh 35 kg (77,2 lbs). Hatchback lima pintu menampilkan tailgate miring. Interiornya besar dan nyaman untuk empat penumpang dewasa. Sementara kursi ember depan menampilkan pemulihan tinggi rata-rata, bangku lipat split di belakang diprofilkan untuk dua penghuni. Tergantung pada level trim, Mazda memasang sistem suara bose dan sat-nav. Di bawah kap, Mazda memasang berbagai mesin. Sebagai permulaan, 1,8 liter dianggap cukup baik, sebagian besar untuk penggunaan armada. Tergantung pada pasar, 6 menawarkan turbodiesel 2.0 liter yang bersumber Ford. Karena penangguhan independen di semua sudut, ia menawarkan penanganan dan kenyamanan yang baik.