170 VK adalah satu versi untuk 170 V, mobil yang ditawarkan dalam banyak versi bodywork, dari roadster off-road ke van pengiriman. Dan itu dirancang untuk digunakan sebagai kendaraan militer. Pada bulan Februari 1936, motor internasional dan pertunjukan sepeda motor di Berlin didominasi oleh tema 50 tahun dari teknik otomotif ". Seperti yang diharapkan, Daimler-Benz hadir di acara ulang tahun bersejarah dengan sejumlah pameran di Hall of Fame . Tidak hanya itu, dengan 170 V, 170 jam, dan 260 d, itu juga meluncurkan tiga model mobil penumpang baru. "V" dalam penunjukan model menunjukkan bahwa mesin berada di depan. Berdasarkan V-series baru , pembuat mobil Jerman membangun jenis kendaraan lainnya, dengan tujuan militer, dan VK adalah salah satu yang paling sukses. Tulang belakang kendaraan adalah desain bingkai tubular oval berbentuk X, yang mirip dengan versi H. (Mesin belakang berpendingin udara) dan Kaffer (Beetle). Sudah cukup sulit untuk mengatasi sebagai Kubbelwagen (kendaraan untuk medan yang kasar). Versi VK menampilkan permukaan datar dan pintu yang dipotong diagonal. Itu adalah kendaraan di mana desain diikuti. fungsi. Itu cocok dengan titik pemasangan untuk senapan mesin, pendek Hang, dan ban off-road. Izin tanah yang lebih tinggi membuatnya ideal untuk keperluan militer. Salah satu keuntungan utamanya adalah sistem suspensi, dengan pegas transversal untuk roda depan dan gandar ayun di belakang. Mekanisme kemudi cacing dan tuas membuatnya sangat andal dalam kondisi stres. Itu dibangun untuk membawa empat prajurit yang lengkap. Rasio drive terakhir final 4: 125 membuatnya baik dalam memanjat dan medan yang sulit tetapi membatasi kecepatan tertinggi. VK diproduksi pada tahun 19075 unit.