Ketika Mercedes-Benz mencoba membuat kendaraan mewah yang ringkas untuk digunakan di kota-kota, itu meluncurkan MPV kelas A pada tahun 1997. Pada tahun 2001, wheelbase panjang diperkenalkan, untuk memperbaiki lebih banyak kesalahan mobil. A-Class menjadi terkenal setelah gagal "ELK-TES" dilakukan oleh majalah Sweedish. Tes itu juga dikenal sebagai tes penghindaran ketika pengemudi harus melakukan manuver dengan giliran kanan dan kiri. Setelah itu, Mercedes-Benz menghentikan lini produksi untuk mengerjakan kembali mobil dan mengingatnya untuk yang dijualnya. Mereka memulai kembali produksi dengan produk yang direvisi dan, pada tahun 2001, mereka datang dengan versi facelifted yang termasuk kelas Wheelbase panjang. Versi pinggir roda panjang diperkenalkan di Geneva Motor Show pada tahun 2001, pada saat yang sama dengan versi facelift untuk A-Class. Itu datang dengan desain baru untuk bumper, lampu depan, dan lampu belakang. Wheelbase panjang ditawarkan tambahan 170 mm (6,7 ") antara as roda dan pintu belakang yang lebih panjang. Di dalam, ada perbedaan minimal di atas versi non-facelifted. Roda kemudi masih menampilkan desain tiga-berbicara, tetapi itu berbeda. Ada tiga level trim klasik, keanggunan, dan avantgarde yang sama. Solusi cerdas untuk kursi yang dapat dilepas disimpan dan hanya kursi pengemudi yang tidak bisa dihilangkan. Ada dua mesin baru di bawah kap: Bensin 1,6 liter dan unit diesel turbocharged 1,7 liter.