Setelah awal yang baik dengan penjualan penting untuk Mercedes-Benz ML 1997, perusahaan memutuskan untuk menjatuhkan v8 besar, berkinerja, 5,5 liter di bawah kap SUV pertamanya. Jadi, versi AMG 1999 dari kelas ML lahir. Ide tubuh-on-frame tetap sama, tetapi diadaptasi untuk mengakomodasi suspensi independen penuh, baik depan, dan belakang, melesat ke sub-frame yang dirancang untuk menyerap energi tabrakan. Ada sepuluh bushing antara bodywork dan sub-frame untuk mengurangi kebisingan jalan dan benjolan di jalan. Untuk versi AMG, rok samping dan lengkungan roda berkobar dipasang. Ini menciptakan ruang untuk ban 285/50 R18 dan meningkatkan daya tarik visual. Standar 9 x 18 "Roda Life-Alloy Paduan Lima dipasang. Di belakang, di bawah bumper yang didesain ulang a ganda chrome-finish knalpot menyodorkan provenience AMG-nya. Di dalam, ML elemen menampilkan dari mobil Mercedes-Benz lainnya, seperti setir, dasbor, tombol, dan perintah. Untuk ML 55 AMG, mobil menampilkan kursi olahraga mewah dengan sampul kulit Buffalo, dikelilingi oleh trim kayu burr-walnut coklat gelap dan karpet velour. Juga termasuk dalam peralatan standar adalah lampu depan xenon, power munting / sunroof geser, dan sistem mobil stereo audio 30 MB. Mesin 5,5 liter dimodifikasi dari 5,0 liter V8 dari S-Class. Camshafts berkinerja tinggi dirancang untuk motorsport dan menawarkan torsi puncaknya pada 2800 rpm, yang sangat baik untuk kendaraan berat seperti ML. Itu dikawinkan dengan otomatis 5 kecepatan dan standar ESP (program stabilitas elektronik) dikalibrasi untuk kinerja jalan yang lebih baik.