AMG menyetel versi facelifted dari W220 Mercedes-Benz S-Class dan mengubah tongkang mewah besar menjadi sedan eksekutif yang cepat. Mercedes-Benz memiliki divisi tuner pabriknya, yaitu AMG. Itu adalah departemen kecil, dibandingkan dengan ukuran MB, namun berhasil mendapatkan selimut sebagian besar majalah mobil di dunia. Sejak tahap pengembangan awal mereka, AMG memiliki akses ke kendaraan dan tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat mereka cepat, aman, dan dapat diandalkan. Mungkin mereka bukan versi tuned tercepat untuk Mercedes-Benz, tetapi mereka adalah versi yang paling diinginkan untuk setiap mobil Mercedes-Benz. AMG memiliki misi yang sulit untuk membuat beberapa perubahan pada eksterior mobil, tetapi tanpa mengorbankan tampilan keseluruhannya yang elegan. Para insinyur dari Affalterbach memasang bemper depan baru yang menggunakan grille yang lebih rendah berbentuk A di celemek dan dua sendok samping. Satu set kusen samping yang diperpanjang menghiasi sisi, cocok dengan bumper depan. Satu set baru dari spoke-spoke, 18 "roda paduan cahaya yang dicap oleh AMG dipasang sebagai standar. Di belakang, tuner in-house Mercedes memasang bumper baru untuk memberi ruang untuk empat knalpot berbentuk oval. Di dalam, S-55 AMG menampilkan sebagian besar barang mewah yang ditawarkan oleh S-Class opsi penuh, dengan interior berpakaian kulit dan kursi yang didukung tinggi. Di cluster instrumen, versi AMG memakai alat pengukur berwajah putih. AMG memasang Secara alami disedot 5.4-liter V-8 dan dipasangkan ke gearbox otomatis lima kecepatan. Untuk suspensi, sistem kontrol tubuh aktif standar bekerja keras untuk menjaga mobil tetap diratakan di bawah manuver percepatan keras atau pengereman. Teknologi yang sama bertanggung jawab atas peningkatan kecepatan sudut dibandingkan dengan kelas S-kelas.