Generasi pertama Micra, model K10, diluncurkan di era ketika lencana Datsun masih di beberapa kendaraan Nissan. Itu diperkenalkan ke Pasar Jepang pada tahun 1982. Nissan membutuhkan mobil untuk bersaing dengan kota Honda dan merek pasar domestik Jepang lainnya. Desain kubis pada awalnya dijual ke Fiat, tetapi pembuat mobil Italia pergi untuk proyek yang ditawarkan oleh Giugiaro. Tetapi untuk papan Nissan, proyek itu terlihat sangat bagus. Mobil itu diperkenalkan di pasar Eropa pada tahun 1983. Micra menampilkan dua lampu depan dengan sinyal giliran di luar. Gril plastik dengan bilah horizontal adalah pendekatan baru untuk pembuat mobil Jepang. Rumah kaca dan C-Pillar Raked berada dalam tren tren baru, hatchback, tren. Pintu-pintu menutupi lebih dari setengah dari panjang kabin dan itu adalah keuntungan besar, menawarkan akses yang lebih mudah ke kursi belakang. Di dalam, dashboard datar dan lurus, dengan bentuk persegi panjang untuk cluster instrumen. Ada tiga panggilan di atasnya: speedometer, suhu pendingin, dan tingkat bahan bakar. Roda kemudi dua-spoke menjadi tuan rumah tombol tanduk di tengah. Tidak ada jendela daya untuk kenyamanan, dan tidak ada AC. Di bawah kap, mikra 3 pintu menerima mesin 1 liter yang ditawarkan dengan 50 hp atau 55 hp, dikawinkan dengan manual 5 kecepatan standar. Pada tahun 1982, itu adalah fitur langka dari sebuah mobil kecil. Pada tahun 1988, seri produksi terbatas 10.000 ditenagai oleh mesin supercharged dan turbocharged yang menawarkan 110 hp. Itu adalah mikra tercepat yang pernah diproduksi, dengan waktu 0 hingga 100 kpj (0-62 mph) 7,7 detik.