Nissan memperkenalkan generasi pertama Primera pada tahun 1990 untuk pasar tertentu dan menggantikan bluebird yang dibangun di Inggris. Pembuat mobil Jepang sudah terkenal di benua Eropa untuk produk-produknya yang dapat diandalkan, dan Bluebird hanyalah konfirmasi lain. Tapi, pada akhir tahun 80-an, itu tidak begitu menarik lagi. Nissan menyadari hal itu dan sudah memiliki pengganti yang baik untuk itu: Primera. Sementara bluebird menampilkan bodywork bentuk terjepit, Primera sepenuhnya pada skala lain, dengan bentuk bulat dan tepi yang dicukur. Itu tidak terlihat berani seperti pendahulunya, tetapi penampilan domestiknya membantu Nissan menjual mobil dalam jumlah besar. Di depan, lampu depannya yang lebar bergolak sinyal belokan yang dipasang di sudut. Gril yang sempit dengan bilah horizontal dan lencana perak Nissan di tengah menangkap perhatian pelanggan. Mirror pintu berwarna tubuh membuat mobil terlihat lebih premium daripada para pesaingnya. Di dalam, mobil itu sangat lapang untuk segmennya. Wheelbase 2,7 m (106.5 ") menyediakan ruang interior yang cukup untuk hingga lima penumpang. Di depan, kursi datar yang nyaman dan nyaman tidak menyediakan cukup dukungan untuk mendukung penghuni mereka dengan kuat selama menikung. Di belakang, terlepas dari yang lebih tinggi Pusat terowongan, bangku primera menawarkan ruang kaki dan ruang kepala yang memadai. Di bawah tenda, Nissan memasang pilihan enam mesin, baik diesel, dan bensin. Mereka dikembangkan terutama untuk pasar Eropa, dengan sistem pajak dalam pikiran. Untuk versi spesifik , Ini menawarkan otomatis empat kecepatan, sementara semua mesin dipasangkan sebagai standar ke manual lima kecepatan.