Pada awal tujuh puluhan, Renault Carmaker Prancis menawarkan kendaraan yang sangat menarik untuk segmen-kecil: The Five. Itu adalah awal dari kesuksesan yang tidak diketahui. Itu pada tahun 1967 dengan Pierre Dreyfus meminta insinyurnya untuk merancang mobil kecil baru yang akan diinginkan oleh spektrum luas populasi, cocok untuk semua kesempatan dan musim. Supermini pertama yang pernah diproduksi oleh pembuat mobil Prancis, Renault 5 terungkap pada tahun 1972 sebagai hatchback 3 pintu dan 5 pintu. Desainnya adalah karya Michel Boue, stylist berusia 36 tahun. Renault terkesan dengan gambar Boue dan dengan cepat mengotorisasi program pengembangan. Sayangnya, desainer Michelle Boue tidak mendapatkan kesempatan untuk melihat makhluknya Blossom saat ia meninggal pada akhir 1971, namun, desain akhir cukup seperti sketsa awalnya. Secara estetika, gaya super-chic dari Renault 5 menampilkan garis lurus, lampu depan persegi, dan lubang belakang yang curam. Renault 5 bumper plastik popular unggulan yang merupakan hal besar pada tahun 1971. Dikembangkan oleh Prost-Dame, mereka tahan benturan tinggi dan R5 adalah bukti parkir di setiap kota yang ramai. Sebagian besar dasar-dasarnya dibawa dari Renault 4 yang populer, seperti mesin yang dipasang longitudinal yang mengendarai roda depan. Powerplants diambil dari Renault 4 dan Renault 8, 782cc dengan 33,5 hp dan 956cc dengan 44 hp, masing-masing. Renault 5 sangat dekat dengan memenangkan mobil Eropa tahun ini pada tahun 1973, namun, gelar itu diberikan kepada Audi 80.