Diperkenalkan pada tahun 1978 sebagai versi Coupe untuk Rekord Sedan, Monza menerima pembaruan penting lima tahun kemudian. Ada waktu ketika Opel berusaha bersaing dengan BMW dan Mercedes-Benz dan mengalahkan mereka dengan permainan mereka sendiri. Opel mengendarai pasang surut dan berani menghasilkan fastback yang nyaman, besar, seperti Monza. Itu adalah kendaraan gt driver yang benar dan harian. Pada tahun 1983 Opel memperkenalkan facelift untuk Monza dan memberi lebih banyak kekuatan. Model baru ini menampilkan fasia depan baru. Lampu depannya siram dengan gril dan kap. Sinyal putaran yang dipasang di sudut yang jelas menggantikan yang oranye dari versi non-facelifted. Monza menampilkan celemek yang lebih rendah di bawah bumper plastik dengan lampu kabut terintegrasi tergantung pada level trim. Dari sisi-sisinya, kendaraan berbentuk fastback menampilkan jendela belakang sisi lebar. Liftgate dihiasi dengan spoiler bibir, dan pembuat mobil memasang satu set lampu belakang asap. Di dalam, Opel tidak memotong sudut dan menawarkan interior yang cocok untuk mobil GT premium. Kursi bucket sparco dengan pemulihan tinggi menawarkan dukungan sisi yang sangat baik. Sebagai opsi, pembuat mobil memasang dasbor digital dengan LCD untuk data seperti kecepatan, tachometer, level bahan bakar, dan suhu pendingin. BMW 6-Series atau Mercedes-Benz SL tidak memiliki opsi itu. Opel meningkatkan penawaran rentang engine dan menginstal 2,5 liter untuk versi dasar dan inline-enam 3.0-liter untuk GSE. Yang terakhir tersedia dengan otomatis empat kecepatan atau manual lima kecepatan. Ini juga menampilkan diferensial slip terbatas standar.