Kendaraan kelas kompak Prancis adalah salah satu penjual terbaik di Eropa dan karena alasan yang bagus. Dalam seluruh umur antara tahun 1993 dan 2002 dijual di hampir 3 juta unit. Pada tahun 1997, mobil melewati facelift utama, yang mempengaruhi desain, mesin, dan interior. 306 GTI-6 adalah bagian atas trim garis dan kursi ember unggulan, panggilan putih untuk tachometer dan speedometer, roda kemudi sporty dan suspensi yang ditingkatkan. Juga, memiliki lebih banyak fitur keselamatan daripada versi lain dari 306. Platform dasar tetap sama, tetapi bumper, lampu depan, dan lampu belakang diganti. Salah satu perubahan yang paling nyata adalah pengenalan indikator sinyal turn di dalam lampu depan, alih-alih lokasi luar ke lampu yang berbeda. Roda paduan cahaya ditawarkan sebagai standar pada tingkat trim yang lebih tinggi dan mesin yang lebih kuat, seperti pada versi 306 GTI-6. Itu adalah versi paling spesial dari mereka semua, dan itu dianggap sebagai penggantian sejati untuk Peugeot 205 GTI yang lebih tua, legenda reli di eranya. Kekuatan datang dari mesin 2.0 liter yang disedot secara alami dengan empat silinder. Pengenalan cam twin dengan 16 katup (sistem DOHC) menyebabkan 164 HP, yang banyak untuk era itu. 306 GTI-6 adalah model dasar untuk Rally versi 306-Maxi untuk kategori F2, yang membuka jalan untuk judul kejuaraan reli dunia.