Kembali pada awal tahun 70-an, pembuat mobil Prancis menyediakan dua opsi utama untuk segmen kecil: Renault 4 dan Citroen 2CV. Kemudian, pada tahun 1972, R5 bergabung dengan paket dan menggerakkan pasar. Studi untuk kendaraan baru dimulai pada tahun 1967 ketika CEO Renault, Pierre Dreyfuss, meminta tim untuk merancang kendaraan baru. Supermini pertama yang pernah diproduksi oleh pembuat mobil Prancis, Renault 5 terungkap pada tahun 1972 sebagai hatchback 3 pintu dan 5 pintu. Gaya tubuh 3 pintu didasarkan pada versi komersial R4. Pintunya tidak menampilkan gagang apa pun. Pengguna harus mengambilnya dari belakang tepi mereka, melalui penyok yang lebih dalam pada bodywork. Desainnya adalah karya Michelle Boue, stylist berusia 36 tahun. Renault terkesan dengan gambar Boue dan dengan cepat mengotorisasi program pengembangan. Sayangnya, Boue tidak mendapatkan kesempatan untuk melihat Brainchild Blossom ketika ia meninggal pada akhir 1971, namun, desain akhir cukup seperti sketsa awalnya. Secara estetika, gaya super-chic dari Renault 5 menampilkan garis lurus, lampu depan persegi, dan lubang belakang yang curam. Bumper plastik sampul 5 fitur Renault 5 yang merupakan hal besar pada tahun 1971. Dikembangkan oleh prost-dame, mereka tahan benturan tinggi dan R5 adalah bukti parkir di setiap kota yang ramai. Sebagian besar dasar-dasarnya dibawa dari Renault 4 yang populer, seperti mesin yang dipasang longitudinal yang mengendarai roda depan. Powerplants diambil dari Renault 4 dan Renault 8, 782cc dengan 33,5 hp dan 956cc dengan 44 hp masing-masing. Renault 5 sangat dekat dengan memenangkan mobil Eropa tahun ini pada tahun 1973, namun, gelar itu diberikan kepada Audi 80.