Penjemputan pertama yang dirilis oleh Renault, Alaska adalah kendaraan besar, kuat, dan sudah jadi. Renault Alaska memiliki desain berotot yang sangat menarik bagi mereka yang mencari petualangan. Sebagian besar komponen dipinjam dari saudara yang lebih besar Nissan Navara, dengan pengecualian tudung, sayap, bagian depan dan belakang, serta roda. Selain itu, Alaska diproduksi di pabrik Nissan di Barcelona. Setidaknya, Alaska dilengkapi dengan mesin Prancis yang diambil dari Master Van, unit 2,3 liter yang mengembangkan 160 atau 190 hp. Interiornya sederhana, klasik dan disatukan dengan baik, itu tampak dan merasa tertanggal untuk 2016. Plastik itu tidak sangat disempurnakan, namun, kontrol ditempatkan secara intuitif dan dalam jangkauan. Dengan meningkatnya kekakuan sasis, Alaska memiliki kapasitas penarik 3,5 ton. Sementara sasis yang kaku harus berkompromi dengan kenyamanan, suspensi belakang lima-link menjaga perjalanan senyaman yang bisa didapat, karena Alaska, bagaimanapun, utilitas profesional 4x4 daripada kendaraan mewah. Dengan pembersihan tanah yang murah hati lebih dari 22 sentimeter, Alaska menangani jalan berbatu atau berlumpur tanpa masalah. Seperti yang diharapkan, penanganannya tidak terlalu tepat, hal yang sangat umum di antara pick-up. U-putaran di jalan-jalan sempit itu membosankan dan mengendarai Alaska dalam lalu lintas perkotaan bukanlah pilihan. Alaska dirancang untuk orang-orang yang tinggal di sisi negara.