Generasi ketiga Renault Megane diluncurkan pada 2008 sebagai hatchback dengan tiga atau lima pintu. Dua tahun kemudian, pembuat mobil Prancis itu memperkenalkan garis GT. Renault tahu bahwa jika ingin mendapatkan sebagian besar pasar, itu harus datang dengan harga mobil lebih rendah dari seorang Jerman. Itu juga harus membuat kompak Italia terlihat kusam di sebelahnya. Mungkin versi lima pintu bukan mobil kompak terbaik di pasaran, tetapi versi tiga pintu lebih baik daripada pesaing Italia, Fiat Bravo karena Fiat tidak membuat versi 3 pintu untuk itu. Setelah dua tahun dalam produksi, Renault berusaha membuat segalanya lebih sulit bagi para pesaingnya dan memperkenalkan garis GT. Di depan, ada bumper spesifik dengan warna hitam, terbentuk ulang, lebih rendah. Di sisi luar bumper, garis coupe GT / GT menampilkan masing-masing lampu kabut rumah. Untuk memperkuat efek agresif, desainer Renault memasang latar belakang headlamp hitam. Di dalam, ada lebih banyak fitur yang terinspirasi oleh Hot-Hatch paling sporty, Megane Rs. Itu memakai kursi ember dengan pemegang tinggi di luar. Renault memasang tachometer analog di cluster instrumen, tidak seperti sisa rentang megane yang menampilkan Digital, LCD, yang. Sedangkan untuk mesin, Renault memasang mesin bensin turbocharged 2.0 liter. Kekuasaan pergi ke roda depan. Untuk drivetrain, pembuat mobil Prancis bertanya kepada Departemen Sport Renault untuk meningkatkan kendaraan. Akibatnya, suspensi lebih kaku dan tanah yang lebih kecil dari coupe megane biasa.