Ketika Rivian mengatakan bahwa truknya tidak akan seperti apa pun di planet ini, kami mengatakan bahwa "kami mendengarnya sebelumnya." Kecuali saat ini, pabrikannya benar. Sementara Tesla berjuang dengan cybertruck dan menghancurkan jendela sampingnya, pembuat mobil baru bekerja keras untuk membuat pickup bahkan lebih baik di Michigan. Itu tidak lapis baja, tetapi lebih bermanfaat daripada truk lain di pasar. R1T menjaga bentuk pickup, tetapi itu adalah satu-satunya koneksi dengan kendaraan utilitas ringan yang ada. Rivian menempatkan kompartemen penyimpanan utama di bawah kap (frunk), yang bisa dibuka secara elektrik dengan keyfob di saku. Di sisi, di belakang pintu, ada kompartemen penyimpanan lain yang cukup lama untuk tidur di dalamnya, tetapi tidak terlalu lebar. Di belakang, power-tailgate dapat dibuka secara elektrik 180 derajat sehingga pengguna dapat mencapai lebih mudah ke ruang penyimpanan roda cadangan. Di bagian depan, light-bar yang melintasi kendaraan dari kiri ke kanan juga merupakan bilah status pengisian, dan lampu depan, tentu saja, dilengkapi dengan LED. Di dalam, berkat lantai yang sepenuhnya datar, ada ruang untuk lima penumpang dewasa dengan ruang kaki dan ruang kepala yang cukup untuk semua orang. Rivian memasang layar sentuh lebar untuk berbagai fungsi mobil dan sistem infotainment di tengah dasbor. Alih-alih cluster instrumen biasa, pengemudi itu mengandalkan tampilan lain. Untuk powertrain, R1T menampilkan empat motor listrik untuk seluruh jangkauan. Versi dasar menampilkan lebih sedikit sel baterai daripada versi teratas, tetapi itu masih memberikannya lebih dari 200 mil (320 km). Versi Tengah adalah yang tercepat, meroket dari 0 hingga 60 dalam tiga detik. Rivian menyatakan bahwa kisaran itu 400 mil (640 km) untuk versi kisaran teratas.